Sejarah

By SMAN 1 CISAGA 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

SMU Cisaga Filial SMU Negeri 2 Ciamis merupakan cikal bakal terbentuknya SMA Negeri 1 Cisaga sesuai dengan telah diterbitkannya surat izin operasional Nomor:421.3/1632-Disdik/2003 Tanggal 9 Juli 2003 dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. SMA Cisaga Filial SMA Negeri 2 Ciamis, didirikan oleh tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kecamatan Cisaga yang menginginkan sebuah lembaga pendidikan jenjang SLTA yang dapat menjadi tempat kelanjutan belajar putera-puteri masa depan bangsa yang ada dilingkungan Kecamatan Cisaga dan sekitarnya. Semula bangunan SMA Cisaga Filial SMA Negeri 2 Ciamis sampai dengan tahap penegerian menggunakan bangunan eks Kecamatan Cisaga (Sekarang Kantor Kepala Desa Cisaga).

Tepat pada tanggal 10 November 2005, SMA Cisaga Filial SMA Negeri 2 Ciamis ditetapkan menjadi SMA Negeri 1 Cisaga melalui Surat Keputusan Bupati Ciamis Nomor: 421.3/Kpts.262-Huk/2005. Maka sejak itulah SMA Negeri 1 Cisaga berdiri di kawasan Kecamatan Cisaga yang letaknya di Lingkungan RT.10 RW.8 Dusun Sembungjaya Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga dengan Koordinat: Lintang= -7.319 dan Bujur= 108.5032 serta memiliki luas tanah 33.771 m2 yang merupakan Hak Guna Pakai dari Pemda Kabupaten Ciamis.

Secara geografis SMA Negeri 1 Cisaga sangat strategis, dilihat dari jalur transfortasi yang berada di jalan raya propinsi dan jauh dari keramaian. Posisi daerah Kecamatan Cisaga yang merupakan penyangga dari Pemerintah Kota Banjar, berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah dan sekaligus muka Kabupaten Ciamis dari arah timur serta pemukiman masyarakat yang cukup padat dan ditunjang oleh beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Cijeungjing, Kecamatan Sukadana, Kecamatan Rancah, Kecamatan Purwaharja, Kecamatan Banjar, Kecamatan Pataruman, dan Kecamatan Cimaragas dan Kecamatan Dayeuhluhur Jateng .